Tim Penulis :
Dayat Hidayat, Endang Wiryatmi, Syarifudin Hidayat, Riyadi, Baban Sobandi, Joni Dawud, Hayuni Rachmawati, Sabar Gunawan, Rina Christina, Ade Juariah
Tahun :
2004
Lokus :
Pemerintah Daerah
ABSTRAK
Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dipandang perlu untuk belajar dari pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan bisnis terhadap pelanggannya. Melalui pelayanan yang sebaik baiknya, maka perusahaan dapat memelihara hubungan baik dengan pelanggannya, sehingga diharapkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan tetap terpelihara. Dalam kehidupan global, pemikiran tersebut dipandang lebih penting lagi karena ciri utama globalisasi adalah adanya kompetisi. Setiap lembaga, baik lembaga lembaga perusahaan maupun lembaga lembaga pemerintahan, apabila ingin mempertahankan keberadaanya harus mempunyai kemampuan bersaing, sehingga tidak tertinggal.
Dalam rangka menyikapi hal tersebut, kajian ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa mengenai sistem dan prosedur pelayanan yang dilakukan oleh birokrasi pemerintah daerah. Dari penelitian ini diharapkan teridentifikasi model kelembagaan, mekanisme dan prosedur pelayanan serta pembiayaan yang harus dikeluarkan konsumen.
Berita Lainnya
- Policy Paper Strategi Pengukuran Kompetensi Teknis Bidang Pelatihan ASN
- Policy Brief Pengelolaan Pegawai Non-ASN Teknis Administrasi Di Instansi Pemerintah
- Policy Brief Coaching dan Mentoring: Solusi Peningkatan Kinerja di Tempat Kerja
- Policy Brief Akselerasi Pengembangan Kompetensi Perangkat Desa
- Policy Brief Meningkatkan Motivasi Kerja Perangkat Desa Melalui Penguatan Status Kepegawaian