Kajian
Kajian Sistem Dan Prosedur Pelayanan Birokrasi Pemerintah Daerah
Rabu, 4 Januari 2006 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 466
 
 

Tim Penulis :
Dayat Hidayat, Endang Wiryatmi, Syarifudin Hidayat, Riyadi, Baban Sobandi, Joni Dawud, Hayuni Rachmawati, Sabar Gunawan, Rina Christina, Ade Juariah

Tahun :
2004

Lokus : 
Pemerintah Daerah

ABSTRAK

Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dipandang perlu untuk belajar dari pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan bisnis terhadap pelanggannya. Melalui pelayanan yang sebaik baiknya, maka perusahaan dapat memelihara hubungan baik dengan pelanggannya, sehingga diharapkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan tetap terpelihara. Dalam kehidupan global, pemikiran tersebut dipandang lebih penting lagi karena ciri utama globalisasi adalah adanya kompetisi. Setiap lembaga, baik lembaga lembaga perusahaan maupun lembaga lembaga pemerintahan, apabila ingin mempertahankan keberadaanya harus mempunyai kemampuan bersaing, sehingga tidak tertinggal.

Dalam rangka menyikapi hal tersebut, kajian ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa mengenai sistem dan prosedur pelayanan yang dilakukan oleh birokrasi pemerintah daerah. Dari penelitian ini diharapkan teridentifikasi model kelembagaan, mekanisme dan prosedur pelayanan serta pembiayaan yang harus dikeluarkan konsumen.