Kajian
Manajemen Sistem Informasi Dalam Pelayanan Perizinan (Studi Kasus di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Pemerintah Kota Bandung
Selasa, 24 Mei 2011 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 1639
 
 

Tim penulis:
Dayat Hidayat, Muhammad Afif Muttaqin

Tahun:
2011

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

informasi di era modern. Pemanfaatan sistem informasi di bidang pemerintahan dirasa penting guna meningkatkan pelayanan publik dalam hal ini pelayanan perizinan di Kota Bandung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan SIM yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Perizinan Pemerintah Kota Bandung (BPPT). Indikator yang digunakan mencakup tiga hal yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Sementara aspek yang menjadi bahan penelitian yaitu unsur? unsur manajemen yang ada di BPPT.

Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang hasilnya tidak untuk menggeneralisasi. Sementara teknik pengambilan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keberadaan sistem informasi yang dapat diakses oleh masyarakat di BPPT tersedia dengan berbagai kategori, dan disesuaikan dengan kebutuhan serta akesibilitasnya. Sementara untuk pengelolaannya sendiri sudah terencana dengan baik, akan tetapi pada tahap pelaksanaan serta pengawasan masih terdapat beberapa kendala.

Pada tahap perencanaan, pengadaan sistem informasi dilakukan berdasarkan pertimbangan akesibilitas, anggaran, sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Akan tetapi pada tahap pengorganisasian menjadi tidak sesuai dikarenakan ada perubahan nomenklatur sehingga mempengaruhi struktur organisasi serta kebijakan yang diambil oleh pimpinan. Sementara untuk tahap pengawasan sudah berjalan secara baik, akan tetapi untuk karena jumlah SDM yang tersedia sedikit, sehingga pengelolaan database menjadi terbengkalai. Sistem Informasi yang dikembangkan di BPPT diharapkan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Bandung yang ingin menggunakan fasilitas ini agar menjadi suatu pelayanan yang mudah, murah dan cepat berjalan bukannya tanpa hambatan. Tetapi