Kajian
Mengukur Kemanfaatan Produk Litbang Pada Instansi Pemerintah; Studi Kasus PKP2A I LAN
Selasa, 24 Mei 2011 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 961
 
 

Tim penulis:
Agus Wahyuadianto, Shafiera Amalia

Tahun:
2011

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Kajian ini berupaya untuk menjelaskan kemanfaatan produk litbang pada instansi pemerintah khususnya di Bidang Litbang PKP2A I LAN terhadap Pemerintah Daerah sebagai salah satu pemangku kepentingan. Adapun produk yang berupaya dijelaskan kemanfaatannya dibatasi pada tiga produk unggulan Bidang Litbang PKP2A I LAN yaitu hasil kajian; kegiatan advokasi/konsultasi; dan kegiatan seminar isu aktual administrasi negara. Kajian ini pun berusaha untuk mengidentifikasi saran, masukan, dan kebutuhan dari Pemerintah Daerah untuk pengembangan program yang diselenggarakan oleh Litbang PKP2A I LAN. Pendekatan dalam kajian ini adalah kualitatif dan kuantitatif sekaligus, dengan metode pengumpulan data primer menggunakan teknik kuesioner dan wawancara.

Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, dan yang dijadikan responden dalam kajian ini adalah pejabat di Pemerintah Daerah yang pernah menggunakan produk Litbang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, dan/atau berhubungan langsung dengan Litbang PKP2A I LAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah pada dasarnya telah mengetahui keberadaan Bidang Litbang PKP2A I LAN, namun belum mengetahui tugas pokok, fungsi, dan produk yang dihasilkannya. Adapun kemanfaatan produk hasil kajian dan kegiatan seminar isu aktual administrasi negara masih sebatas pada level individu. Hasil kajian dimanfaatkan sebagai referensi pembuatan dokumen pribadi dan masukan pribadi untuk kebijakan di daerah.

Pemanfaatan hasil seminar isu aktual diantaranya dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta mengenai tema yang sedang dibahas. Sementara itu, pemanfataan hasil advokasi atau kerjasama dalam bentuk penyelenggaraan bimbingan teknis, asistensi, dan penyusunan naskah akademik telah dirasakan dari level individu (peserta) hingga level organisasi. Untuk level organisasi, manfaatnya adalah hasil kerjasama tersebut menjadi bahan penyusunan kebijakan daerah. Penelitian ini pun berhasil mengidentifikasi sejumlah tema kajian dan materi kegiatan advokasi/konsultasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Daerah .