Kajian
Mekanisme Koordinasi Instansi Terkait Dalam Implementasi Penyelenggaraan Reklame Di Kota Bandung
Selasa, 24 Mei 2011 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 982
 
 

Tim penulis:
RR. Harida Indraswari, Anita Ilyas

Tahun:
2011

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Semakin maraknya pemasangan reklame di kota Bandung, menuntut adanya pengaturan secara serius mengenai penyelenggaraan reklame di Kota Bandung. Hal ini perlu agar kota Bandung dapat lebih terjaga kebersihan, ketertiban dan keindahannya. Dalam implementasinya penyelenggaraan reklame dirasakan belum berjalan baik. Masalah yang paling mengemuka adalah ditemukannya reklame di sejumlah titik di Kota Bandung yang tidak memiliki izin. Kajian mekanisme koordinasi instansi terkait dalam penyelenggaraan reklame di Kota Bandung ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kewenangan, tugas dan fungsi, prosedur, dan mekannisme hubungan kerja antar instansi terkait dalam penyelenggaraan reklame di Kota Bandung; (2) Mengidentifikasi permasalahan?permasalahan yang dihadapi dalam implementasi penyelenggaraan reklame di Kota Bandung (dilihat dari aspek Sumber Daya Aparatur). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner, data yang terkumpul diolah dengan teknis analisa kualitatif dengan melakukan trianggulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan meski setiap instansi sudah memiliki tupoksi dan kewenagan masing?masing, namun dalam prakteknya mekanisme .