Kajian
Sistem Pengelolaan Karir Pegawai Di Lingkungan PKP2A I LAN Jatinangor
Jumat, 24 Mei 2013 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 1103
 
 

Tim penulis:
Budi Prayitno, Iman Arisudana

Tahun:
2013

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Manajemen Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu esensi penting dalam rangka perwujudan reformasi birokrasi kokoh dan komprehensif. PNS sebagai motor penggerak birokrasi hendaknya dibentuk melalui cara-cara yang profesional guna mendapatkan hasil kerja yang akuntabel di mata publik. Ditetapkannya peraturan dan perundang-undangan yang menjamin praktik manajemen PNS bukanlah tahap final dari upaya perwujudan reformasi birokrasi tersebut, namun justru sinergisitas praktik manajemen PNS yang berbasis pada peraturan tersebut merupakan tantangan sebenarnya. Beranjak dari realita yang ada saat ini, maka kajian mengenai manajemen kepegawaian pada tataran teknis menjadi satu tema aktual untuk diperdalam.

PKP2A I LAN Jatinangor, sebagai salah satu profil satuan kerja yang memilki jangkauan kewenangan teknis pengelolaan kepegawaian menjadi satu subjek kajian yang cukup relevan. Dibekali dengan sumber daya manusia yang memiliki variasi latar belakang pendidikan dan kemampuan spesifiknya maka mekanisme pengelolaan SDM menjadi indikator atas kualitas manajemen PNS yang dilangsungkan. Menggunakan data yang dihimpun secara survey dan wawancara mendalam, maka tim kajian berupaya mendapatkan apresiasi setiap pegawai terhadap sistem yang ada, selain juga mendapatkan peta permasalahan manajemen kepegawaian yang selama ini berlangsung. Isu-isu seperti perencanaan karir dan pengembangan pegawai merupakan salah satu isu strategis yang perlu ditindaklanjuti.

Disamping itu, keberadaan unit assessment center di PKP2A I LAN sepertinya mampu menjadi daya dukung positif dalam mereformulasi praktik internal manajemen SDM berbasis pada talent management dan Competency Based Human Resource Management (CBHRM). Demikianlah beberapa esensi tematik yang coba dibahas dalam kajian ini. Tim peneliti sangat berharap hasil kajian yang dilakukan dapat dirumuskan dalam kerangka teknis yang sesuai dengan karakter pegawai di lingkungan PKP2A I LAN. Tentunya hasil kajian ini merupakan stimulasi juga bagi masukan-masukan maupun pendalaman lebih lanjut yang akan membawa kemanfaatan lebih luas baik di lingkungan PKP2A I LAN maupun Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia pada umumnya.