Kajian
Aplikasi SWOT Dan Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja; Studi Pada Lembaga Diklat Aparatur PKP2A I LAN
Jumat, 24 Mei 2013 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 969
 
 

Tim penulis:
Muhammad Afif Muttaqin, Pupung Puad Hasan
 

Tahun:
2013

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Hadirnya agenda reformasi birokrasi tersebut menyebabkan PKP2A I LAN harus mengahadapi perubahan yang sifatnya berasal dari luar (eksternal) maupun dari dalam (internal).  Untuk dapat menciptakan birokrasi pemerintah yang profesionalsesuai dengan grand design reformasi birokrasi, maka PKP2A I LAN harus mampu menyusun alternatif- alternatif strategi agar dapat mencapai tujuan organisasi sesuai agenda reformasi birokrasi. Disamping itu untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, PKP2A I LAN harus melakukan pengukuran kinerja organisasi. Sehingga PKP2A I Lan khususnya bidang kediklatan dapat melihat sudah sejauhmana kinerja yang ada.  pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan alat manajemen balanced scorecard.

Balance Scorecard merupakan suatu pendekatan dalam pengukuran kinerja manajemen perusahaan, yang juga dapatditerapkan sebagai suatu sistem strategi manajemen bagi organisasi publik. Balance Scorecard dapat menuntun manajemen dan anggota organisasi dalam menterjemahkan visi, misi dan strategi organisasi kedalam tindakan- tindakan nyata

Dari uraian diatas yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah strategi yang sudah disusun PKP2A I LAN dan bagaimanakah relevansinya dengan reformasi birokrasi?; (2) Bagaimanakan kinerja di PKP2A I LAN khususnya yang terkait dengan core business kediklatan?