Kajian
Seminar Isu Isu Aktual Proceeding Prospek Penerapan Desentralisasi Asimetris Dalam Sistem Pemerintahan Daerah Di Indonesia
Kamis, 24 Mei 2012 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 1378
 
 

Tim penulis:
Shafiera Amalia (ed), Krismiyati Tasrin, Budi Prayitno, Pratiwi, Rosita Novi Andari

Tahun:
2012

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Dalam rangka mencapai tujuan kebijakan desentralisasi di Indonesia yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka pengembangan kebijakan desentralisasi asimetris di tengah keberagaman karekterist ik masyarakat menjadi sebuah isu aktual yang berkembang dalam sistem pemerintahan daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan kinerja kebijakan desentralisasi hingga kini masih belum opt imal dimana desain desentralisasi yang diberlakukan merupakan desain tunggal yang memberikan perlakuan seragam (simetris) kepada setiap daerah otonom yang ada.


Keragaman karakterist ik Indonesia ini menyebabkan penerapan desain tunggal kebijakan desentralisasi t idak sepenuhnya mampu mengatasi berbagai tantangan. Itulah yang menjadi alasan mengapa kebutuhan untuk mendesain ulang kebijakan desentralisasi di Indonesia kearah kebijakan yang mampu mengakomodasi berbagai perbedaan karakterist ik dan kondisi masing-masing daerah. Kondisi dimana daerah diberi perlakukan (treatment) secara berbeda ini kemudian dikenal dengan desentralisasi asimetris (asymmetric decentralizat ion). Untuk merespon berkembangnya isu aktual terkait hal tersebut, maka Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelat ihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN) pada tahun 2012 ini menyelenggarakan kegiatan Seminar Isu-Isu Aktual dengan tema “Prospek Penerapan Desentralisasi Asimetris dalam Sistem Pemerintahan Daerah di Indonesia”. Buku proceeding seminar ini merupakan hasil pelaksanaan seminar yang diharapkan akan memberikan pengetahuan dan bahan pemikiran bersama untuk mengembangkan penerapan kebijakan desentralisasi asimetris di Indonesia.