Kajian
Kajian Isu Strategis: Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kab. Sumedang
Senin, 2 Juni 2008 | 12:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 5567
 
 

Tim penulis: 
Krismiyati, Yudiantarti Safitri, Yunni Susanty

Tahun: 
2008

Lokus: 
Kab. Sumedang

 

ABSTRAK

Reformasi birokrasi merupakan suatu proses yang berkesinambungan seiring dengan dinamisasi perubahan yang terjadi. Reformasi birokrasi  merupakan salah satu langkah untuk menata sistem organisasi. Oleh karenanya, agar sistem tersebut berjalan dengan harmonis dalam mencapai visi dan misi yang diembannya, reformasi birokrasi harus diimbangi dengan penataan pada berbagai elemen pendukungnya.

Kabupaten Sumedang untuk mencapai visi dan misinya, diperlukan suatu grand design yang akan menjadi acuan dan pedoman bagi top management dalam melakukan reformasi birokrasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Reformasi birokrasi yang dimaksudkan adalah reformasi di bidang manajemen pemerintahan umum yang akan mencakup 4 dimensi yaitu dimensi tata nilai, kelembagaan, ketatalaksanaan dan sumber daya aparatur.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN) mengajukan inisiatif untuk memfasilitasi penyusunan grand strategy reformasi birokrasi bidang manajemen pemerintahan umum di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.  

Metodologi yang akan digunakan dalam kajian ini adalah kajian kepustakaan (desk research) dan Focus Group Discussion dengan melibatkan pihak internal Pemerintah Kabupaten Sumedang, juga dengan para pakar bidang pemerintahan daerah. Diharapkan proses ini akan menghasilkan strategi reformasi bidang manajemen pemerintahan umum yang dapat diaplikasikan secara nyata di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.