Kajian
Model Inovasi Wisata Buku Sahabat Anak Dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Ciamis
Kamis, 1 Desember 2016 | 12:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 537
 
 

Tim penulis:
Krismiyati, Pratiwi

Tahun:
2016

Lokus:
Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis

ABSTRAK

Beberapa hasil survei dan penelitian menyatakan bahwa minat baca di Indonesia secara umum masih tergolong rendah. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan mengingat tinggi rendahnya minat baca akan mempengaruhi kehidupan seseorang dan bahkan kemajuan suatu negara. Itulah mengapa gerakan peningkatan minat baca sering dikampanyekan oleh banyak pihak dan menjadi agenda utama setiap tahun dari perpustakaan daerah dan perpustakaan nasional. Ini tidak lain disebabkan karena membaca dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Orang yang memiliki pengetahuan dan wawasan tentunya akan lebih berhasil dalam setiap tahap kehidupannya misalnya dalam pendidikan maupun karir.

Salah satu cara untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah menjadikan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang gemar membaca terutama bagi kelompok anak usia sekolah. Pengembangan budaya membaca anak usia sekolah ini tentunya bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama, dan dapat dilakukan melalui berbagai jalur, baik jalur lingkungan rumah/keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Kabupaten Ciamis merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menaruh perhatian (concern) cukup besar pada persoalan minat baca masyarakat terutama kelompok anak usia sekolah. Dilatar belakangi oleh minimnya angka kunjungan ke perpustakaan daerah, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, sejak Tahun 2015 mulai menggulirkan sebuah inovasi dalam rangka peningkatan minat baca masyarakat yaitu “Wisata Buku Sahabat Anak”. Berkaitan dengan hal tersebutselanjutnya penelitian ini bermaksud untuk melakukan pengkajian terhadapprogram inovasi “Wisata Buku Sahabat Anak” ini dalam rangka merumuskan pemodelan inovasi dan pengembangannya kedepan.