Kata Pengantar
 

Selamat Datang Di Website Kelompok Fungsi Analis Kebijakan

Sesuai dengan Peraturan LAN Nomor 08 Tahun 2020 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Administrasi Negara, salah satu fungsi Puslatbang PKASN adalah pelaksanaan pengkajian dan inovasi pengembangan sistem dan instrumen di bidang pemetaan kompetensi dan kapasitas ASN. Struktur Puslatbang PKASN terdiri dari Bagian Umum dan Kelompok Jabatan Fungsional (KJF). Poksi Analis Kebijakan merupakan Kelompok Substansi yang dipimpin oleh JF Analis Kebijakanyang diberi tugas tambahan sebagai Koordinator. 

Poksi Analis Kebijakan mempunyai tugas melaksanakan fungsi Puslatbang PKASN dalam pelaksanaan pengkajian dan inovasi pengembangan sistem dan instrumen di bidang pemetaan kompetensi dan kapasitas ASN (PerLAN No. 8/2020). Secara garis besar, kegiatan Poksi Analis Kebijakan adalah:
(1) Analisis Kebijakan Bidang Pemetaan Kompetensi
(2) Jurnal Wacana Kinerja
(3) Advokasi & Perkonsultasian

Poksi Analis Kebijakan menyelenggarakan analisis kebijakan yang berkualitas di bidang pemetaan kompetensi, yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaa sistem merit dan manajemen talenta secara nasional. Poksi Kajian juga mengelola JWK yang diterbitkan 2 kali dalam setahun yang telah menerapka  OJS (Open Journal System) dalam pengelolaannya. Pada tahun 2019 JWK telah mendapatkan akreditasi Sinta 4 dari Kemenristekdikti. Selain itu, kami juga melaksanakan advokasi dan perkonsultasian untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintah dalam rangka akselerasi reformasi birokrasi di daerah. Adapaun materi advokasi dan perkonsultasian yang menjadi core competencies adalah Analisis Jabatan, Evaluasi Jabatan, Analisa Beban Kerja, Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan, SAKIP, Penataan Kelembagaan, Renstra, Road Map RB, Evaluasi SOTK, Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan, dll

Informasi umum mengenai Poksi Analis Kebijakan, penjelasan program kegiatan, ataupun agenda kegiatan dapat diakses dalam beragam pilihan menu yang tersedia. Melalui website ini, kami harapkan dapat memberikan informasi lengkap mengenai Poksi  Analis Kebijakan yang dibutuhkan oleh stakeholder.

 

Terima Kasih, 

Koordinator Poksi Analis Kebijakan

 

Candra Setya Nugroho, SH., MAP