Kajian
Identifikasi Peran Unit Konseling Dalam Manajemen Perubahan Reformasi Birokrasi
Jumat, 24 Mei 2013 | 05:00:00 WIB - Jumlah Dilihat: 799
 
 

Tim penulis:
Agus Wahyuadianto, Dewi Ariani Hertina, Rosita Novi Andari

Tahun:
2013

Lokus:
Provinsi Jawa Barat

ABSTRAK

Pendekatan yang dapat dilakukan dalam mengelola perubahan tidak hanya dapat dilakukan melalui pendekatan formal struktural semata. Tetapi lebih jauh perlu dilakukan adaptasi dan modifikasi pendekatan yang melibatkan sosial, lingkungan, serta personal dari setiap elemen organisasi. salah satu alternatif model sarana penyelesaian permasalahan mikro yang ada di instansi pemerintah adalah unit konseling. Unit konseling ini dapat bermanfaat sebagai bagian dari sistem Manajemen PNS karena memiliki tugas untuk membantu PNS dalam menyelesaikan permasalahan pribadi maupun organisasional yang melibatkan PNS yang bersangkutan. Unit konseling di sini dapat berfungsi sebagai upaya non formal yang dilakukan dalam sebuah organisasi pemerintah dalam membantu upaya penerapan perubahan reformasi birokrasi.


Merujuk pada permasalahan tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan kajian terkait peran unit konseling dalam manajemen perubahan reformasi birokrasi. Adapun yang menjadi fokus pada kajian ini meliputi 2 hal, yaitu : (1) Bagaimana Peran Unit Konseling di BKD Provinsi Jawa Barat dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi di Provinsi Jawa Barat; dan (2) Bagaimana model kelembagaan unit konseling yang mampu mendukung manajemen perubahan dalam program reformasi birokrasi.